Entri Populer

Kamis, 01 November 2012

Refleksi Psikologi Umum I


Tugas Refleksi 18 September 2012
Pertama-tama kami diberikan sebuah kertas putih kosong, saya mengira kertas itu buat menulis refleksi atau metafor. Ternyata yang ditugaskan oleh Bu Umniyah ialah menaruh kertas itu didepan wajah dengan tangan kanan memegang pulpen. Lalu kemudian menutup mata dan melukiskan wajah kita masing-masing. Kegiatan ini cukup menyenangkan karena sangat sulit menggambarkan wajah kita dengan posisi yang demikian. Setelah itu, kami diarahkan untuk menuliskan kalimat yang menggambarkan diri kita masing-masing. Kemudian kami dikelompokkan menjadi beberapa kelompok dan menggambarkan sifat teman kelompok kita satu sama lainnya.
Ketika saya menggambarkan diri teman kelompok saya, saya merasa bahwa sulit menilai seseorang hanya dalam kurun waktu yang masih singkat untuk saling mengenal. Mungkin saya hanya menuliskan sebagaian kecil dari yang saya lihat seperti apa teman saya selama ini. Saya menjadi bingung sendiri ingin menuliskan apa. Kami saling bercerita beberapa saat sambil mengakrabkan diri satu sama lain.
Kembali pada penggambaran wajah sebelumnya, saya juga merasa kesulitan dalam mengerjakannya sesulit menilai orang yang baru saya kenal. Hal yang saya lakukan hanya menilai objektif apa yang selama ini saya lihat.
Menurut saya, kegiatan ini dapat memberikan pelajaran bahwa menilai diri sendiri itu adalah hal yang sulit namun harus kita lakukan sebelum kita menilai orang lain. Selain itu, butuh waktu yang tidak singkat untuk saling mengenal sifat satu sama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar