Entri Populer

Kamis, 01 November 2012

Refleksi Psikologi Umum I #3


Tugas Refleksi 2 Oktober 2012
Pembelajaran psikologi umum pada waktu itu sangat menyenangkan. Pada saat Bu Umniyah menginstruksikan kami untuk membuat sebuah poster, dalam hal ini saya berada di kelompok ‘PSIKOANALISA’, saya langsung senyum senang. Sepertinya akan seru, itu yang saya pikirkan waktu mendengar tugas itu. Karena saya senang dengan hal-hal yang berbau ‘menghias’. Yang kelompok saya lakukan pertama itu adalah mendiskusikan konsep yang ingin ditulis, situasinya sangat membaur satu sama lain. Setelah konsep jadi, 2 orang teman saya pergi membeli bahan buat kreasi poster kami. Yang mengagetkan pas Bu Umniyah bilang waktunya tinggal 20 menit padahal teman sayayang beli bahan ini belum kembali. Waduh, kaget. Terus salah seorang menelepon mereka.
Menunggu teman yang pergi tadi, saya dan teman-teman yang tinggal memikirkan kira-kira sebentar kita menulisnya dengan gaya font begini, begitu, dan banyak hal yang terpikirkan. Setelah teman yang pergi tadi sudah kembali, kami mulai mengerjakannya dengan santai. Tapi, ketika Bu Umniyah bilang waktunya tinggal 10 menit nah, disitu saya dan teman-teman yang lain kaget. Hal-hal yang kami pikirkan mengenai font yang ini itu, model judulnya gimana semuanya buyar saking paniknya. Jadi, kami tidak lagi memerhatikan pikiran-pikiran itu, apa adanya saja. Tapi, kalau secara keseluruhan saya puas dengan hasil kerja kelompok kami yang mungkin berlangsung kurang lebih 1 jam.
Setelah selesai mengerjakan poster, masing-masing dari kami dibagi lagi untuk memamerkan hasil karya kami ke masing-masing perwakilan tiap kelompok. Disitu lagi-lagi saya kaget, karena ada beberapa hal yang sebenarnya saya tidak tahu mengenai apa yang dituliskan diposter. Tapi, beruntung saya tidak sendiri dalam memamerkannya, karena saya berduet dengan salah seorang dari kelompok saya. Jadi, tidak sendiri menjelaskannya.
Hal yang dapat saya ambil dari proses belajar waktu itu yang pertama tentu saja sangat menambah keakraban antar teman yang lain. Kedua, waktu itu suasana belajarnya sangat saya suka karena menurut saya belajar itu tidak harus serius, malah terkadang kita lebih dapat mengerti apabila dilakukan hal semacam ini.
Semoga refleksi kali ini, bisa menambah coretan yang bermanfaat bagi perjalanan proses belajar selama berada di prodi psikologi ini.
Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar