Entri Populer

Kamis, 01 November 2012

Refleksi Psikologi Umum I #7


Tugas Refleksi 30 Oktober 2012
Pembelajaran psikologi umum pada waktu itu adalah Ujian Tengah Semester. Tidak banyak hal yang kami lakukan selain berusaha menjawab selembar soal yang diberikan. Bu Umniyah masuk sekitar pukur 10.30 karena mempunyai suatu urusan, waktu pengerjaan yang diberikan kurang lebih 100 menit. Jumlah soal yang diberikan sebanyak 5 nomor menyangkut hal-hal yang kami pelajari selama setengah semester ini. Tidak ada soal yang menyimpang dari apa yang diajarkan. Semuanya merupakan hal yang telah dijelaskan oleh Bu Umniyah sebelumnya. Kami diberikan masing-masing 1 lembar untuk lembaran jawaban terlebih dahulu. Soalnya tidak jauh-jauh dari refleksi mengenai apa sih ilmu yang sudah kita dapat selama ini, apakah kita sendiri memahami mengenai hal-hal seperti pembelajar mandiri, sejarah berdirinya psikologi sebagai ilmu yang mandiri, aliran-aliran yang ada dalam psikologi, serta apa cabang-cabang psikologi yang telah kita ketahui selama ini.
Waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal-soal tersebut cukup lama, walaupun sudah ada beberapa mahasiswa yang selesai sebelum waktu yang diberikan berakhir. Saya sendiri menjawab sesuai dengan apa yang saya ketahui sejauh ini menggunakan kata-kata sendiri, apa yang terlintas dalam pikiran saya setelah membaca soal satu per satu. Yang sulit adalah mencari kata-kata yang tepat untuk menyampaikan maksud pemikiran kita ke dalam lembar jawaban tersebut. Nomor yang paling sedikit jawabannya ada di pikiran saya yaitu nomor terakhir yang menyangkut cabang-cabang psikologi. Pada nomor tersebut, saya berusaha menganalisa sedikit hal yang saya ketahui, walaupun mungkin terkesan ‘mengarang’. Karena memang saya belum berpikiran sampai kesana dan belum mencari tahu secara detail mengenai cabang-cabang yang saya tuliskan. Saya menuliskan cabang-cabang psikologi itu antara lain psikologi industri dan organisasi, psikologi kepribadian, psikologi perkembangan, psikologi sosial, dan psikologi klinis.
Alhamdulillah, waktu 100 menit yang diberikan dengan jumlah soal 5 nomor dapat saya selesaikan. Dan saya merasa cukup puas, walaupun tidak puas-puas amat. Karena beberapa nomor memang telah saya pikirkan sebelumnya akan keluar pada ujian tersebut. Semoga hasilnya juga tidak mengecewakan.
SEKIAN. TERIMA KASIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar