Entri Populer

Kamis, 01 November 2012

Refleksi Psikologi Umum I #5


Tugas Refleksi 16 Oktober 2012
Pembelajaran psikologi umum pada waktu itu adalah kuis mengenai aliran-aliran psikologi. Saya kaget saat Bu Umniyah mengatakan kalau hari itu ada kuis, saya tidak ada persiapan saa sekali. Saya hanya mengandalkan nalar saya untuk berkata-kata pada lembar jawaban. Saya menuliskan apa yang saya ketahui. Tidak hanya ada kuis individu, tapi juga ada kuis kelompok. Saya rasa konsep yang satu ini menyenangkan. Kuis saat itu adalah mengenai pengetahuan Anda mengenai aliran-aliran piskologi, baik itu strukturalisme, fungsionalisme, behaviorisme, psikoanalisa, dan gestalt. Pada kuis ini kami diarahkan untuk mengoper kertas dari belakang ke depan dan mengisi kertas tersebut sesuai dengan aliran yang disebutkan oleh Bu Umniyah. Saya adalah orang yang paling belakang sehingga saya yang menuliskan jawaban pertama. Jawaban saya itu selalu tokoh-tokoh yang mempelopori tiap-tiap aliran, seperti Wilhelm Wundt untuk strukturalisme, William James dan John Dewey untuk fungsionalisme, J.B. Watson untuk behaviorisme, Sigmund Freud dan Titchener untuk psikoanalisa, dan Max Weitheimer untuk Gestalt (keseluruhan). Setelah dikalkulasikan, ternyata yang menjadi juara itu kelompok 5. Mereka mengumpulkan poin terbanyak pada kuis kelompok tersebut. Walaupun tidak menang, akan tetapi kelompok saya telah melakukan yang tebaik. Pada hari itu Bu Umniyah menjelaskan mengenai jawaban dari kuis kelompok tersebut, setelah mengambil kertas jawaban dan mengecek satu per satu dengan transparansi.
Saya sendiri suka dengan konsep kuis kelompok Bu Umniyah karena dapat melatih kita untuk tidak bersifat egois. Apalagi dengan waktu yang terbilang cukup singkat. Hal-hal yang diketahui tidak maksimal dengan apa yang kita tuliskan pada lembaran jawaban tersebut.
Insight yang saya dapatkan ialah bahwa untuk mencapai suatu kemenangan, kita butuh kolaborasi antar kelompok. Ternyata kuis dadakan itu membuat kata-kata yang dituliskan agak sedikit susah dimengerti, karena berbelit-belit.
Pekan depan Bu Umniyah akan membawakan materi baru mengenai dunia psikologi, namun saya sendiri belum begitu tau mengenai materi tersebut.
SEKIAN, TERIMA KASIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar