Entri Populer

Kamis, 01 November 2012

Refleksi Psikologi Umum I #6


Tugas Refleksi 23 Oktober 2012
Pembelajaran psikologi umum pada waktu itu adalah mengulas pembahasan-pembahasan yang lalu, menanyakan hal yang kurang jelas mengenai pelajaran psikologi umum selama ini. Kebanyakan bertanya mengenai perbedaan masing-masing aliran, mengenai sejarah psikologi yang sangat panjang, dan ada juga pertanyaan mengenai aliran humanistik dan aliran kognitif. Aliran humanistik adalah salah satu aliran modern yang ada saat ini yang menganggap bahwa semua manusia mempunyai potensi, manusia bebas untuk menentukan pilihannya. Hal lain yang dapat saya tangkap bahwa aliran ini mengambil persepsi utuh mengenai diri manusia. Sedangkan aliran kognitif juga merupakan salah satu aliran modern yang ada saat ini yang menganggap sesuatu ada karena pemikiran manusia. Seseorang mengalami gangguan karena cara seseorang berpikir atau memandang sesuatu. Seperti gangguan phobia pada sesuatu, hal tersebut terjadi karena pemikirannya sendiri mengenai hal yang penderita phobia tersebut takutkan. Pertanyaan yang muncul saat itu juga mengenai perbedaan aliran kognitif dan aliran psikoanalisa. Dari penjelasan yang didapatkan, saya dapat menangkap bahwa aliran kognitif mengacu pada yang dipikirkan saat ini, sedangkan aliran psikoanalisa menggali lebih jauh dari masa lalu.
Pertanyaan yang lain ialah mengenai sejarah psikologi sejarah singkat. Sejarah psikologi itu sendiri diawali sejak Wundt mendirikan sebuah Laboratorium Psikologi pada abad ke-19. Hal tersebut mempelopori psikologi berdiri sebagai ilmu yang mandiri, bukan lagi cabang dari ilmu filsafat. Makanya, dalam mempelajari sejarah psikologi, kita akan mendapatkan banyak hal tentang filsafat. Berdasarkan sejarah Eropa, Psikologi dimulai pada Zaman Yunani Kuno kemudian lahir Kekaisaran Romawi hingga abad pertengahan kemudian muncul Zaman Renaisans dan Pasca Renaisans kemudian berlanjut pada akhir abad ke-19. Pada abad ke-20 muncullah aliran-aliran Functionalism, Behaviorism, Psikoanalisa, serta diikuti aliran-aliran modern lainnya.
Pada pertemuan saat itu juga, Bu Umniyah memberitahukan bahwa pekan depan kami akan menjalani UTS untuk mata kuliah psikologi umum I. Dimana, kami harus lulus mata kuliah ini sebagai syarat mengambil mata kuliah psikologi umum II, psikologi perkembangan I, dan psikologi kepribadian. Tentu saja hal ini merupakan tantangan sendiri bagi kami mahasiswa psikologi untuk berusaha lulus mata kuliah ini.
Pertemuan saat itu juga berguna untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari selama ini sehingga memudahkan kita menjawab soal-soal UTS nantinya. Harapannya semoga soalyang diberikan tidak rumit untuk dipahami dan gampang untuk dijawab serta sesuai dengan hasil belajar selama ini.
SEKIAN, TERIMA KASIH.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar