Entri Populer

Selasa, 10 April 2012

Pertemuan, Perpisahan, dan Saudara

Malam semakin larut, UN semakin dekat. Jalan menuju perpisahan semakin terbuka lebar. Akankah jalan itu akan bertemu lagi disuatu titik kelak? Manusia memang sangat lumrah mengalami hal semacam pertemuan yang kemudian berubah menjadi perpisahan, tinggal bagaimana manusia itu sendiri menyikapinya. Mau senyum, tertawa, menangis, meringis, berteriak, ataupun merenung. Aku pernah berfikir kalau saja tidak ada sebuah perpisahan pasti menyenangkan. Tapi aku berpikir lagi, mana mungkin ada pertemuan kalau tidak dilengkapi dengan perpisahan. Pernah tidak kalian menyesali sebuah perpisahan? Ataukah pernah tidak kalian mengantar perpisahan itu tanpa sedikitpun penyesalan? Hidup memang tidak dapat ditebak. Senyum ceria seseorang pun yang mengantar kepergian orang terkasihnya belum tentu senyum itu tulus tanpa setitik penyesalan. Bisa saja senyum itu bermakna ganda, senyum karena orang terkasihnya pergi dan tak akan kembali atau senyum karena dia yakin kalau orang itu akan kembali kepadanya. Pertemuan menjadi suatu hal yang tak disangka-sangka adanya, aku memaknakan pertemuan itu sebagai suatu komitmen kalau kita akan berpisah kelak. Makanya, aku berusaha menjadikan suatu pertemuan itu sebagai simbol akan adanya perpisahan. Melakukan yang terbaik yang dapat membuatku senyum tulus dengan pertemuan itu agar tidak ada penyesalan nantinya. Tidak ada lagi kata-kata 'ah, mengapa baru ku lakukan sekarang? Mengapa tidak dari dulu?' atau kata-kata seperti ini 'seandainya aku tahu kita akan berpisah, aku tidak akan menyia-nyiakan waktu kita bersama' Sangat sudah terlambat kawan. Walaupun sebagai remaja yang baru menginjak usia 18 tahun, aku juga pernah melontarkan kata-kata itu. Bahkan aku pernah menyesali diriku sendiri mengapa aku harus bertemu dengan mereka kalau akhirnya akan berpisah juga. Pernah tidak kalian berpikir kalau saja perteuan itu tidak ada, akankah hidup kalian berwarna? Akankah hidup kalian hanya ada perpisahan saja tanpa sebuah pertemuan? Berusaha menjadi orang yang bijak dalam menyikapi keadaan itu tak mudah. Butuh sesuatu hal yang terjadi yang akan menyadarkan kita, tapi setidaknya kita tidak larut dalam hal yang akan terjadi itu. Setidaknya kita menyadarinya dengan cepat, jangan sampai menjadi beban yang tidak bisa lepas dari hidup kita.

Lepas dari sekilas curhatan perpisahan diatas, hari ini aku mendengarkan kalimat 'berikanlah hal yang paling berharga buatmu untuk saudarimu kalau memang saudari sangat membutuhkan dan menyukainya' Pikiranku langsung tertuju pada suatu pilihan. Ya setidaknya pilihan menurutku, tapi tidak buat mereka. Mereka adalah temanku, sahabatku, bahkan saudaraku. Ya setidaknya itu menurutku, entahlah apa yang mereka pikirkan. Aku tidak pernah mau seperti ini, aku juga tidak pernah meminta akan seperti ini, dan aku juga tidak mau dengan egoku ini. Aku benci diriku sendiri saat aku harus menjadi lemah karena sesuatu yang seharusnya membuatku kuat. Bahkan lebih kuat dari sebelumnya jika aku memang kuat menghadapinya. Terkadang aku juga bingung dengan diriku sendiri, masih banyak kok hal yang bisa membuatku kuat. Diam. Hanya itu yang bisa aku lakukan untuk menutupi kelemahanku. Sahabat?? Bahkan aku pernah berpikir, tidak ada gunanya memiliki sahabat kalau jadinya seperti ini terus. Tapi, aku sadar kalau aku tak akan bangkit lagi tanpa sahabat-sahabatku. Salah seorang pernah mengatakan begini, 'memang susah, tapi aku yakin kok you'll survive' dan seseorang juga pernah mengatakan begini, 'hadapi saja seperti biasa, ketawa seperti biasa, ikutan heboh seperti biasa.' Mereka membuatku kuat walaupun perlahan, tapi aku pasti bisa. Dan aku sangat beruntung mempunyai sahabat seperti kalian yang sudah aku anggap sebagai saudara sendiri. Kalian adalah tempatku bercerita sambil menangis hahahaha.... Dan lagi, setidaknya kalian adalah saudara menurutku, entahlah kalian menganggapku apa :D

1 komentar:

  1. kau anggap saya saudara, saya anggap kau anak kecil yang tua atau orang tua yang kecil? haha

    BalasHapus